Recent Posts

Wednesday, January 15, 2014

Tagged Under:

Macro Photography

Share


macro photography
macro photography

Pernahkah Anda melihat sebuah foto yang menunjukkan detail dari mata serangga? Atau detail dari sebuah bunga matahari? Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Macro Photography. Istilah ini tentu tidak asing bagi kebanyakan orang. Bagi yang belum tahu, biar saya jelaskan. Macro Photography adalah sebuah teknik fotografi memotret benda kecil dengan zoom yang luar biasa, sehingga benda kecil tersebut dapat terlihat detail, besar, dan nyata.
Contoh dari foto makro adalah seperti gambar diatas. Objek tersebut adalah sebuah bunga liar yang ditemukan di batang pohon. Bunga tersebut ukurannya sangat kecil. Tetapi ketika saya potret dengan menggunakan teknik makro, objek tersebut menjadi lebih detail, besar, dan nyata. Biasanya para fotografer menggunakan teknik makro untuk memotret objek seperti mata serangga, detail bunga, tetesan air, dan lain sebagainya.
Untuk memotret makro, pastinya kita memerlukan lensa makro. Ada banyak sekali lensa makro di pasaran, contohnya yang saya gunakan adalah Canon EF macro 100mm f/2.8 USM. Saya menyukai lensa ini karena hasil gambarnya menakjubkan dan harganya relatif terjangkau. Yang membedakan lensa makro dengan lensa biasa, pastinya ada tulisan “macro” pada lensa. Selain itu, lensa makro biasanya bisa mendapatkan fokus apabila jarak objek dengan lensa relatif dekat. Dengan kata lain, lensa makro memiliki jarak minimum lensa dengan objek yang relatif kecil, sehingga objek dapat kita potret sedekat mungkin, dengan demikian hasilnya menjadi detail, besar, dan nyata.
Untuk memotret makro, biasanya kita menggunakan mode Av (A di Nikon), dengan aperture (bukaan) lensa sebesar-besarnya (angka terkecil). Kebanyakan lensa makro bisa dibuka sampai bukaan f/2.8. Ini adalah bukaan yang cukup besar. Mungkin ada lensa makro yang bisa dibuka sampai bukaan f/1.8, f/1.4, dan lain sebagainya. Makin besar bukaannya, maka semakin cantik gambar makro yang bisa kita dapatkan.
Macro Photography tidak hanya bisa untuk memotret alam saja, tetapi juga bisa memotret benda-benda kecil lainnya seperti chip, dan benda kecil lainnya.
Oleh karena itu, mari kita abadikan benda-benda kecil menjadi sebuah seni yang menakjubkan dengan teknik Macro Photography. Mari bersama bukakan mata dunia untuk melihat benda-benda sangat kecil tersebut melalui hasil karya kita!
Apabila ada pertanyaan mengenai topik ini atau topik lain seputar fotografi, silakan hubungi saya melalui email di wayankphoto@gmail.com. Saya akan menjawab pertanyaan Anda satu per satu.

0 comments:

Post a Comment