Recent Posts

Wednesday, January 8, 2014

Tagged Under:

Mobile Photogaphy

Share
Saya yakin Anda sudah tidak sabar mendengar update fotografi dari saya bukan? Tanpa basa basi lagi, ayo langsung saja kita mulai!
Readers, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai judul di atas. Mobile Photography? Apa itu?
Tepat sekali! Mobile Photography adalah sebuah teknik memotret dengan menggunakan kamera handphone Anda. Aliran fotografi ini pasti bisa dilakukan oleh hampir seluruh penduduk dunia, karena hari ini hampir tidak ada penduduk dunia yang tidak menggunakan handphone, bukan?
Memotret dengan menggunakan handphone memang memiliki banyak keterbatasan. Kita tidak bisa mengatur exposure dan depth of field seperti yang baisa dilakukan oleh kamera DSLR canggih. Tetapi memotret dengan menggunakan kamera handphone jauh lebih praktis dan efisien. Hampir kemanapun kita selalu membawa handphone. Bahkan ketika kamera kita tidak bersama dengan kita, handphone kita selalu ada bersama kita. Bila ada hal yang menarik didepan kita, tetapi kita tidak membawa kamera, kita bisa memotretnya dengan menggunakan handphone.
Meskipun kita memotret dengan menggunakan handphone, bukan berarti kita tidak bisa memotret hal yang menakjubkan. Siapa tidak kenal dengan Arbain Rambey? Fotografer profesional Kompas. Beliau sering menggunakan kamera handphone untuk memotret gambar untuk headline Koran Kompas!
Hal yang perlu diperhatikan saat memotret dengan menggunakan handphone hanyalah komposisi dan fokus. Komposisi tentu dapat diatur dengan menempatkan objek-objek menarik di bagian “golden point” dan memainkan “Rule of Third”. (Selengkapnya mengenai komposisi: http://rncphotograph.com/composition.html) . Untuk fokus, mungkin tidak semua kamera handphone memiliki fitur autofocus. Bagi yang punya, kita bisa mengatur fokus pada gambar seperti mengatur fokus pada kamera. Apalagi dengan kemudahan fitur canggih beberapa handphone touchscreen yang dapat mengatur fokus hanya dengan menyentuh bagian yang ingin menjadi fokus gambar kita.
Find me on Instagram
Find me on Instagram
Ngomong-ngomong soal mobile photography, akhir-akhir ini saya suka dengan mobile photography. Saya mengundang Anda untuk follow instagram saya di @richardnc96. Saya sering upload foto-foto hasil jepretan mobile photography saya ke instagram. Saya berharap Anda dapat melihat dan mengomentari foto-foto tersebut supaya kita bisa sama-sama belajar. Jika Anda ingin konsultasi mengenai sebuah foto, Anda juga dapat men-tag instagram saya di foto Anda, dan saya akan mampir untuk melihat dan mengomentari foto Anda juga.
Jika Anda ada pertanyaan seputar mobile photography atau masalah fotografi yang lain, Anda dapat menghubungi saya di Instagram atau bisa mengirimkan email ke : rnc@rncphotograph.com
Sekian informasi saya mengenai Mobile Photography. Semoga kita bisa menghasilkan karya-karya indah dengan menggunakan benda yang selalu ada bersama dengan kita ini.
Selamat mencoba! :)

0 comments:

Post a Comment